Mengatasi masalah rumah tangga dengan cerdas

Mengatasi masalah rumah tangga dengan cerdas

posted in: Blog   0
Mengatasi masalah rumah tangga
Mengatasi masalah rumah tangga

Inilah cara mengatasi masalah rumah tangga dengan yang cara cerdas dan bermartabat. Bersatunya dua pribadi manusia yang berbeda dalam ikatan pernikahan seringkali menimbulkan pertengkaran. Pertengkaran yang mengakibatkan “panasnya” hubungan suami isteri. Relasi yang penuh emosi dan tidak terkendali akan menyebabkan suami isteri mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah rumah tangga mereka.

Meskipun mereka juga sadar, bahwa ikatan di antara mereka merupakan lembaga perkawinan yang suci dan sakral. Ikatan pernikahan yang harus mereka jaga kerukunannya, agar tercapai hidup bahagia yang menjadi tujuan utama pernikahan mereka.
Hampir setiap manusia menginginkan adanya pernikahan, kemudian memperoleh keturunan, serta menggapai kehidupan rumah tangga yang bahagia sejahtera.
Para pria mendambakan isteri yang cantik dan patuh terhadap suami. Sementara wanita mengidamkan suami yang penuh tanggung jawab. Suami yang dapat membangun kehidupan keluarga yang harmonis sampai maut memisahkan mereka.

Pada kenyataanya, kehidupan rumah tangga sering terjadi problem yang membuat relasi suami isteri menjadi tidak harmonis. Pertengkaran suami isteri acap kali terjadi. Bahkan sering kali terjadi perselingkuhan, yang bisa berakhir dengan perceraian.
Kemungkinan terjadinya pertengkaran inilah yang mesti menjadi perhatian bagi setiap pasangan suami isteri. Seyogyanya suami isteri mengetahui problematika yang sering terjadi pada kehidupan rumah tangga mereka. Kenali pula cara-cara mengatasi masalah rumah tangga tersebut.
Alinea berikut merupakan beberapa contoh problematika dan cara mengatasi masalah rumah tangga yang sering terjadi.

1. Keuangan rumah tangga
Problematika dan cara mengatasi masalah rumah tangga yang paling sering terjadi adalah masalah keuangan rumah tangga. Penyebab utama masalah ini adalah penghasilan suami yang tidak mencukupi untuk menopang biaya rumah tangga bulanan. Dampak paling jamak dijumpai adalah perilaku isteri yang sering marah dan tidak taat lagi kepada suami. Sementara itu suami merasa sudah menafkahi isteri dengan jumlah yang relatif cukup untuk biaya rumah tangga.

Cara suami mengatasi masalah rumah tangga ini harus dengan cara yang bijak. Ajak isteri untuk diskusi secara terbuka dan transparan, agar diperoleh solusi mengatasi keuangan secara bersama-sama.
Tidak tertutup kemungkinan isteri membantu kerepotan keuangan rumah tangga, yakni dengan mencari penghasilan tambahan di waktu luang dengan berbisnis. Banyak peluang usaha yang dapat dikerjakan isteri di rumah dengan modal kecil, misalkan peluang usaha toko online dengan metode dropship. Sehingga usaha bisnis tersebut tidak mengganggu tugas utama isteri dalam mengurus rumah tangga.

2. Eksistensi Anak
Setiap pasangan suami isteri pasti mendambakan kehadiran anak, yaitu anak sebagai buah cinta kasih suami isteri. Masalah akan muncul ketika kehadiran anak ini tidak kunjung tiba,
Atau apabila sudah mempunyai anak terjadi perbedaan prinsip dalam hal cara mendidik anak. Satu pihak dalam mendidik ingin memanjakan anak. Sementara pihak lain ingin mendidik anak agar bisa belajar mandiri.
Hal-hal di atas dapat menyebabkan timbulnya pertengkaran antara suami dan isteri, sehingga suasana rumah tangga dan hubungan suami isteri menjadi tidak harmonis.

Cara mengatasi masalah rumah tanga dalam hal eksistensi anak adalah dengan cara masing-masing pihak bersikap bijak, tidak mengedepankan ego masing-masing. Suami dan isteri mesti saling terbuka dan saling empati.
Untuk masalah belum hadirnya momongan anak, suami isteri dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis. Atau bisa dengan cara mengadopsi anak sebagai solusinya.
Sedangkan untuk mengatasi masalah cara mendidik anak, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan konsultan rumah tangga.

3. Komunikasi suami isteri
Pasangan suami isteri jaman now biasanya masing-masing mempunyai karir. Kesibukan masing-masing dalam meniti karir seringkali menyebabkan terbatasnya komunikasi antara suami dan istri. Sepulang kerja kondisi badan dan pikiran sudah lelah, tidak jarang kondisi ini gampang menyulut pertengkaran di antara suami dan isteri. Bukan hal yang mustahil, problem di kantor dibawa sampai ke rumah. Tidak jarang tekanan target di kantor menyebabkan uring-uringan di rumah. Dan pada akhirnya pasangan di rumah menjadi sasaran untuk melampiaskan rasa kesal dan frustasi akibat tugas dan target dari tempat kerja.
Kondisi kejiwaan tersebut di atas telah menyita waktu suami isteri untuk dapat berkomunikasi dengan santai dan bermartabat. Masing-masing pihak ingin diperhatikan secara khusus oleh pasangannya.
Dan pada akhirnya kondisi tersebut menjadi rutinitas yang membosankan dalam kehidupan rumah tangga. Faktor kurangnya komunikasi inilah penyebab terjadinya pertengkaran antara suami isteri.

Cara mengatasi masalah rumah tangga agar terjadi komunikasi antara suami isteri adalah menciptakan Quality time dalam relasi mereka. Quality time merupakan kegiatan bersama dalam kehidupan rumah tangga. Misalkan, kegiatan olahraga bareng di hari libur akhir pekan. Yang dilanjut dengan acara rekreasi dan makan bareng. Secara periodik pergi liburan bareng ke luar kota.
Di saat mengisi acara Quality time, lakukan komunikasi yang intens dengan pasangan. Tinggalkan sejenak gadget dan aneka social media, agar dapat fokus dengan pasangan. Lakukan lagi kemesraan seperti di saat pacaran. Lupakan rutinitas dan nikmati suasana Quality time bersama pasangan. Quality time dapat menciptakan komunikasi yang baik di dalam kehidupan rumah tangga. Komunikasi antara suami, isteri dan anak.

Demikian sajian tips praktis cara mengatasi masalah rumah tangga dari Blog Classy Tent Decor. Simak dan ikuti update terbaru portofolio dekoasi Lamaran dan dekorasi wedding di Instagram dan FB Fanpage Classy Tent Decor. Untk permintaan price list, silakan mengisi Contact Forms. Salam bahagia untuk anda.

Leave a Reply